Tips memilih mobil keluarga

Salah satu pertimbangan dalam memilih mobil adalah agar dapat menampung seluruh anggota keluarga. Untuk itu perlu mempertimbangkan beberapa hal, agar tidak kecewa dikemudian hari.

Hampir setiap tahun setiap produsen mobil mengeluarkan beberapa produk mobil baru. Produk mobil baru dapat berupa penyegaran dari versi sebelumnya ( minor change), ataupun berubah total ( new model ), atau memang varian baru yang belum ada sebelumnya. Mobil tersebut dilengkapi dengan berbagai fitur untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Disamping juga menawarkan desain eksterior dan interior baru yang menarik perhatian.

Memiki mobil baru merupakan impian setiap orang. Terutama bagi mereka dengan mobilitas tinggi, sudah berkeluarga, menginginkan fleksibilitas dalam pemakaian, privasi, keamanan dan kenyamanan lebih. Dimana hal tersebut tidak didapatkan jika menggunakan transportasi umum, sepeti bus, kereta dan lainnya.

Ada berbagai pertimbangan dalam memilih mobil idaman. Salah satunya adalah memilih mobil agar dapat menampung seluruh anggota keluarga saat bepergian bersama. Dengan tersedianya berbagai merk dan type mobil, akan sulit dalam memilihnya. Kalau ternyata salah pilih, dapat menyesal dikemudian hari.
Jika saat ini Anda menginginkan mobil keluarga, berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan:

1. Jumlah anggota keluarga

Jumlah anggota keluarga menentukan berapa jumlah seat yang harus tersedia. Jika Anda adalah seorang lajang atau suami istri, maka memilih mobil dengan dua baris kursi, yakni baris depan dan baris belakang sudahlah cukup. Sisa seat dapat digunakan untuk cadangan penumpang atau menaruh barang semisal belanjaan. Ada beberapa jenis untuk mobil ini seperti sedan, hatchback, dan beberapa mobil SUV. Akan tetapi jika anggota keluarga adalah 4 orang atau lebih, maka mobil dengan tiga baris kursi, misal mobil MPV ( multi purpose vehicle) 7 seater layak untuk dijadikan pilihan mobil keluarga.

2. Ukuran rumah/ garasi

Pemilihan mobil keluarga juga perlu mempertimbangkan ukuran garasi atau halaman rumah Anda. Rumah dengan garasi atau halaman luas mempunyai keleluasaan saat memarkir mobil dirumah. Dalam hal ini memilih mobil jenis MPV dengan ukuran panjang 4,5 m atau lebih tidaklah masalah. Berbeda jika ukuran garasi atau halaman cukup sempit, semisal 3,5 m, maka mobil jenis hatch back cocok untuk dapat parkir di garasi.

3. Lingkungan tempat tinggal

Lingkungan tempat tinggal dapat mempengaruhi pemilihan jenis mobil. Dalam hal ini lebar jalan. Semisal jika kondisi rumah tidak cukup garasi dan mengharuskan parkir di median jalan, maka mobil dengan ukuran cukup lebar akan mengganggu maneuver mobil lain saat melintas. Jika tinggal di daerah yang rawan banjir atau tergenang air, maka mobil dengan ground clearance rendah seperti sedan akan beresiko air masuk ke kabin.

4. Jenis mobil

Setiap orang mempunyai keinginan yang bervariasi. Jika menginginkan mobil dengan tampilan lebih gagah, mobil berjenis crossover atau SUV cocok menjadi pilihan mobil keluarga. Mobil jenis MPV cocok untuk segala aktifitas harian. Sedang mobil sedan menawarkan kenyamanan yang lebih dalam berkendara. Pilihlah mobil sesuai dengan selera Anda masing-masing.

5. Merk mobil

Jika Anda sudah minded dengan salah satu merk, maka pastinya tidak ada kendala dalam pemilihan mobil keluarga. Akan tetapi jika Anda adalah new buyer, agak sulit dalam menentukan mobil merk apa yang cocok, karena dapat saja setiap merk mengeluarkan jenis mobil yang hampir sama. Untuk itu perlu perhatikan seperti fitur yang ditawarkan, desain interior eksterior, kemudahan servis dan layanan, dan tentunya harganya. Dari situ nanti kita dapat memilih mobil yang cocok dengan kebutuhan.

Beberapa hal tersebut adalah pertimbangan saat memilih mobil keluarga. Dengan mempertimbangkan aspek tersebut, diharapkan Anda mendapatkan mobil yang sesuai dengan kebutuhan keluarga. Tidak kecewa dikemudian hari dan dapat menikmati setiap perjalanan bersama keluarga. Semoga bermanfaat![www.otomotifinfo.com]