l

Kapan harus turun mesin (2)

Pekerjaan overhoul / turun mesin diperlukan saat mesin mengalami overheating, water hammer, terdengar suara ketukan, mesin macet dan sebagainya.

3. Mesin kurang bertenaga dan goyang

Mesin mobil mempunyai 3 sampai 8 silinder. Masing-masing silinder menghasilkan tenaga pembakaran, sehingga membuat mesin dapat berputar stabil. Jika ada kelainan pada salah satu silinder, maka menyebabkan mesin menjadi goyang bahkan tenaga yang dihasilkan kurang. Jika hal ini terjadi, perlu untuk di cari, silinder mana yang bermasalah dan di lakukan perbaikan.

4. Mesin macet

Didalam mesin terdapat berbagai komponen dan mekanisme agar mesin dapat berputar dengan lembut. Ketika ada kerusakan pada salah satu komponen atau kegagalan sistem pelumasan, dapat menyebabkan mesin macet. Macet ini artinya putaran mesin berat atau sama sekali tidak dapat diputar dengan tangan. Bila hal ini terjadi, maka mesin perlu di overhaul dan di telaah komponen apa saja yang menjadikan penyebabnya.

Baca juga :
Kenapa mobil mewah mahal, ini alasannya

5. Overheat

Saat mesin bekerja, akan timbul panas. Sistem pendingin pada mesin membantu menstabilkan temperatur mesin, sehingga mesin bekerja pada rentang suhu yang ditetapkan. Saat terjadi kegagalan pada sistem pendingin, dan mobil dipaksa untuk tetap berjalan, mesin bisa overheat. Jika ini terjadi, mesin bisa menjadi rusak. Ada kalanya pada kepala silinder menjadi melengkung setelah terjadi overheat. Solusinya adalah dilakukan turun mesin dan diperbaiki penyebab mesin overheat.

6. Kemasukan benda asing

Hanya ada 2 hal boleh masuk ke ruang bakar, yakni udara bersih dan bahan bakar. Lalu di mesin sendiri, hanya ada 2 hal yang boleh diisikan , yakni oli untuk pelumasan dan cairan pendingin untuk mendinginkan mesin. Jika ada benda asing yang ikut masuk ke mesin, ini akan mengganggu kerja mesin. Salah satu cara untuk mengeluarkan adalah dengan membongkarnya.

Baca juga :
Kapan waktunya servis berkala

7. Water hammer

Istilah water hammer adalah kondisi dimana terdapat sejumlah air masuk ke ruang bakar melalui saluran udara masuk /intake manifold. Water hammer dapat terjadi saat mobil melintasi genangan air yang cukup tinggi, sehingga ada sebagian air masuk ke ruang bakar. Karena sifat cairan tidak dapat dikompresi, maka kejadian ini akan menyebabkan kerusakan pada komponen bagian dalam mesin. Bahkan untuk kondisi yang parah, mesin dapat macet seketika.

8. Terkena benturan / tabrakan

Saat terjadi benturan / tabrakan frontal, maka ada beberapa komponen mesin yang berubah bentuk / patah. Untuk mengatssinya perlu di lakukan penggantian komponen. Untuk mempermudah prosesnya dan memastikan kerusakan sudah tertangani, mesin perlu diturunkan dari dudukannya.

Beberapa hal tersebut diatas adalah parameter yang dapat dijadikan acuan mesin dapat diovehoul atau diturunkan. Tentu dibutuhkan serangkaian pemeriksaan awal sebelum diputuskan untuk overhoul apa tidak. Karena pekerjaan ini membutuhkan waktu, sparepart dan tenaga dan biaya yang lebih banyak. Sebisa mungkin, selalu lakukan perawatan pada mesin, untuk meminimalkan terjadinya kerusakan pada mesin yang ujung-ujungnya harus di overhaul. Semoga bermanfaat![www.otomotifinfo.com][www.otomotifinfo.com]

Baca juga :
Perawatan mesin mobil

Back